Sate Padang

Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatra Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman.

Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.

Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah sate nya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas.



Sesuai namanya, Sate Padang merupakan salah satu makanan khas dari padang, kenikmatan kuah yang kental menambah cita rasa bagi para penikmat kuliner.

Bahan yang digunakan sate padang adalah daging (Daging segar dimasukkan dalan drum besar berisi air dan direbus dua kali agar lunak menggunakan drum dan air yang berbeda-beda. Daging diiris-iris dan dilumuri dengan bumbu dan rempah-rempah) dengan bumbu kuah kacang kental (seperti bubur berasal dari air rebusan digunakan sebagai kuah kaldu, kuah kaldu ini dicampur dengan 19 macam bumbu rempah-rempah yang telah dihaluskan) dan di tambah cabai yang banyak sehingga rasa pedasnya muncul. Dan satenya dibakar saat dipesan menggunakan arang dari tempurung kelapa.

Sate padang mempunyai tiga jenis yang berbeda:
1. Sate padang seperti gambaran diatas
2. Sate padang panjang dengan kuah sate nya yang berwarna kuning
3. Sate pariaman dengan kuah sate nya yang berwarna merah

Cara mudah membuat sate padang

Daging segar dimasukkan dalan drum besar berisi air dan direbus dua kali agar lunak menggunakan drum dan air yang berbeda. Daging diiris-iris dan dilumuri dengan bumbu dan rempah-rempah.

Sementara air rebusan digunakan sebagai kuah kaldu, bahan membuat kuah sate. Lalu kuah kaldu ini dicampur dengan 19 macam bumbu rempah-rempah yang telah dihaluskan (bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan serai) dicampur dengan berbagai macam cabai. Seluruh bumbu kemudian dijadikan satu dan dimasak selama 15 menit.

Sate sendiri hanya dibakar saat dipesan, menggunakan arang dari tempurung kelapa.

Sumber :
ekosky
Wikipedia Indonesia

1 komentar: