Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ ekskresi manusia. Ginjal terletak di antara rongga perut dan dada. Tiap-tiap manusia memiliki 2 buah ginjal yang berbentu seperti kacang seberat kurang lebih 200 gram.


Fungsi Ginjal
Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah serta menghasilkan urine.


Struktur Ginjal
Pada kulit ginjal terdapat Glomerolus sebagai tempat terjadinya filtrasi untuk menghasilkan Filtrat Glomerolus dan Kapsula Bowman. Pada Sumsum Ginjal terdapat Tubulus Kontortus sebagai tempat terjadinya Reabsorbsi yang menghasilkan Filtrat Tubulus dan Aukmentasi yang menghasilkan Urine. Pada rongga ginjal terdapat saluran pengumpul atau Tubulus Kolektivus.

Proses Pembentukan Urine
Darah masuk ke ginjal dan melalui Glomerolus dan mengalami proses Filtrasi, sehingga menghasilkan Filtrat Glomerolus. Filtrat Glomerolus mengalami proses Reabsorbsi di Tubulus Kontortus Proksimal, sehingga berubah menjadi Filtrat Tubulus. Filtrat Tubulus masuk ke dalam Tubulus Kontortus Distal mengalami proses Aukmentasi, sehingga menjadi Urine.


Ciri-ciri Urine Normal


  • Berwujud Cair karena mengandung H2O





  • Berbau tak sedap karena mengandung Gas Amonia (NH3)





  • Berwarna Kuning karena mengandung zat warna empedu





  • Rasanya Asin karena mengandung garam (NaCl)





  • Terdapat sisa Obat, Vitamin, Hormon, dll.







  • Dikutip dari :
    Arsip pribadi OvicArticles

    1 komentar:

    1. Info yang bermanfaat, Salam Kenal dari saya, Terima kasih telah berbagi link, link andapun sudah saya pasang di blog saya : http://www.bataraemas.com/2009/03/nerbagi-link.html

      BalasHapus